Jumat, 08 Agustus 2014

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DAPODIKDAS VER.3.00 
SEMOGA BERMANFAAT 

1. Aplikasi 3.00 merupakan fresh installer, aplikasi 2.08 tidak dapat dipergunakan kembali. Langkah-        langkah ini dimaksudkan urutan pengerjaan yang berurutan dan sistematis agar operator sekolah          bekerja secara efektif dan efisien dalam mengoperasikan aplikasi.
2. Unduh aplikasi dan prefill nya di lamanhttp://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Prefill ini adalah hasil                    generate nasional per tanggal 1 Agustus 2014, sehingga tidak perlu lakukan generate ulang prefill                  untuk pertama kalinya.

3. Uninstall aplikasi lama 2.08. Sebelumnya, unduh profil sekolah dll sebagai arsip.

4. Lengkapi isian tabel sekolah dan data periodik sekolah
5. Tabel PTK : action menu salin penugasan untuk menyalin penugasan PTK tahun 2013 ke 2014             secara otomatis sehingga tidak perlu input ulang di menu penugasan.
    Tabel Peserta Didik : action menu lanjutkan data periodik PD untuk menyalin data periodik tahun           sebelumnya, sehingga tidak perlu input ulang. Dengan asumsi data periodik tersebut tidak                     mengalami perubahan.
6. Tabel Prasarana : action menu lanjutkan data periodik, untuk menyalin tingkat kerusakan prasarana      tahun sebelumnya sehingga tidak perlu input ulang, dengan asumsi bahwa tidak ada perubahan            kerusakan ruangan.
7. Tabel Rombongan belajar, action menu dapat digunakan dengan melanjutkan rombel yang ada              sebelumnya naik ke tingkat diatasnya, fitur ini dapat di gunakan bagi rombel yang tidak diacak                peserta didik nya ketika naik kelas (masih dalam rombel yang sama). Yang perlu diubah/                        penyesuaian kembali : Wali kelas , Nama rombel, Ruangan / prasarana
8. Mapping anggota rombel. Jenis pendaftaran [Naik Kelas] , jika menggunakan fitur no. 7 peserta didik     sudah otomatis masuk ke dalam rombel. Untuk peserta didik tidak naik kelas masukkan ke dalam            tingkat yang sama dengan jenis pendaftaran [Mengulang].
9. Tabel PD: Setelah peserta didik masuk ke dalam rombel maka akan terlihat peserta didik yang belum     masuk rombel, peserta didik tersebut adalah peserta didik yang mungkin lulus, registrasikan sebagai     peserta didik keluar dengan status lulus dan peserta didik yang putus sekolah.
    ATAU dapat menggunakan fitur Lulus di rombongan belajar untuk meluluskan siswa-siswa yang             berada di tingkat akhir secara massal.
10. Tabel PD: Masukkan peserta didik baru satu persatu sampai lengkap baru tambah peserta didik              kedua dan selanjutnya.
11. Buat Rombel baru untuk peserta didik baru tersebut (kelas 1 SD atau kelas 7 SMP)
12. Masukkan peserta didik baru tersebut ke dalam rombel di bagian anggota rombel.
13. Lengkapi tabel PTK (TAMBAH BARU, MUTASI, dll).
14. Tabel Pembelajaran: lengkapi PTK mengajar sesuai di dalam rombelnya.
15. Lengkapi isian sarana, jumlah dan tingkat kerusakannya.
16. Periksa kelengkapan isian di unduhan profil sekolah.
17. Periksa validasi, pastikan tidak ada yang berwarna merah atau kuning. Untuk mengingatkan                   kelengkapan, kewajaran dan kebenaran data yang sudah di inputkan.
18. Lakukan sinkronisasi secara sempurna.
19. Periksa kesesuaian data di progress pengirimanhttp://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
20. Selesai............

GOOD LUCK
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar